Pada artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana sebuah waralaba bekerja, persyaratan yang harus dipenuhi dan semua yang perlu Anda ketahui untuk membuatnya menguntungkan. Dan jika Anda bertanya-tanya apa yang bisa Anda investasikan di Spanyol pada tahun 2020, waralaba bisa menjadi pilihan yang baik.

Apa yang diperlukan untuk waralaba bisnis?

Jika kita ingin tahu cara melakukan bisnis waralaba, kita harus memiliki pengetahuan hukum minimum dan tahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh pewaralaba:

  • Hal pertama yang harus kita ketahui ketika mendirikan waralaba adalah bahwa untuk waralaba, kita harus memiliki bisnis yang berfungsi dan menguntungkan. Selain itu, harus dikelola untuk waktu yang cukup untuk memiliki bukti keuntungannya. Jangan lupa bahwa untuk waralaba ada, harus ada franchisee, yaitu, orang yang ingin memulai bisnis dengan merek Anda. Jika merek Anda tidak menguntungkan, akan sangat sulit bagi Anda untuk menemukan franchisee yang ingin melakukannya.
  • Memiliki merek dagang dan logo terdaftar (dan slogan, terkadang). Juga, ini harus menarik, karena akan lebih mudah untuk menjualnya.
  • Daftarkan bisnis Anda di Franchisor Registry.
  • Menandatangani kontrak yang mencerminkan perjanjian yang akan dilakukan dengan pemegang waralaba: durasi, lokasi, pemasok, penalti, dll.
  • Berikan semua informasi yang diperlukan kepada pemegang waralaba. 20 hari sebelum penandatanganan kontrak, pemilik waralaba harus memberi tahu tentang datanya (nama, alamat, nama bisnis, data Pendaftaran Waralaba, dll.), Deskripsi sektor kegiatan, persyaratan tugas kerahasiaan, dll. .
  • Tetapkan metode pembayaran dan biaya sebagai biaya awal atau royalti.

7 tips untuk berinvestasi dalam waralaba

Seperti halnya investasi apa pun, membuka waralaba mengandung risiko. Ini akan tergantung pada lokasi karena setiap zona berbeda, dan lokasi yang baik dapat membuat bisnis Anda berfungsi sementara lokasi yang buruk dapat menyebabkannya tidak melakukannya, dan pengelolaannya, karena pewaralaba yang mengelola dengan baik Waralaba Anda akan membuatnya lebih menguntungkan daripada yang tidak dikelola dengan baik. Variabel-variabel ini mempengaruhi profitabilitas waralaba lebih dari merek itu sendiri. Jika kami ingin berinvestasi dalam waralaba, tulis 7 tips ini:

Lakukan analisis diri pribadi

Analisis dan periksa diri Anda. Sebelum meluncurkan opsi investasi ini, Anda harus bertanya pada diri sendiri serangkaian pertanyaan untuk melihat apakah Anda siap menjadi franchisee yang baik. Apa situasi ekonomi dan pribadi saya? Anggaran apa yang saya miliki dan investasi apa yang ingin saya buat? Waralaba apa yang ingin saya investasikan? Apa waralaba paling sukses? Apakah saya akan siap untuk kegagalan waralaba saya? Apakah saya akan menjadi pengusaha yang baik yang mematuhi pedoman yang dikenakan pada saya dari pusat waralaba?

Menjawab serangkaian pertanyaan ini akan membantu Anda mengetahui apakah Anda adalah orang yang tepat dan apakah ini saat yang tepat untuk berinvestasi dalam waralaba. Dari saat Anda memutuskan untuk menjadi pewaralaba, Anda menjadi pengusaha, tetapi pengusaha yang akan bertindak di bawah payung merek dan hubungan Anda dengan pemasok, karyawan, pelanggan … akan ditandai oleh pedoman pemilik waralaba.

Periksa kapasitas investasi yang tersedia

Anda harus membuat rencana ekonomi di mana Anda dapat mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki, berapa biayanya untuk membuka waralaba dan bagaimana Anda akan membiayai uang itu. Juga, terkadang pemilik waralaba akan memberi tahu Anda atau meminta sumber daya minimum untuk memulai proyek. Selain mengetahui apakah Anda dapat memulai proyek dan menanggung biaya pertama (entri awal, pekerjaan, pembelian produk dan bahan, dll.), Anda harus mencari tahu apakah Anda akan dapat bertahan tepat waktu hingga Anda mulai memiliki pelanggan. Keberhasilan atau kegagalan proyek akan sangat tergantung pada fase ini.

Pilih jenis kegiatan dan sektor

Sebelum memilih waralaba, Anda harus mempelajari pasar, setiap sektor, dan dalam setiap sektor, untuk mengetahui cara kerja masing-masing waralaba. Dan tidak sama untuk memilih bisnis yang menawarkan produk ke yang menawarkan layanan, bisnis yang Anda butuhkan secara lokal atau bisnis yang tidak Anda butuhkan … Investasi awal dan periode pemulihannya, konsep manajemen, kondisi kontrak , dll., sangat berbeda antara sektor dan / atau antara waralaba.
Pilihan yang baik mungkin untuk memilih sektor yang dikonsolidasikan dan untuk merek yang pada tahap awal tetapi yang bertaruh pada inovasi dan orisinalitas, dan tentu saja, yang memiliki hasil yang baik.

Cari informasi tentang waralaba yang dipilih

Jika Anda ingin tahu mana yang akan menjadi waralaba paling menguntungkan di tahun 2020, perlu dilakukan penelitian di antara yang sebelumnya telah kami pilih untuk kemungkinan investasi. Anda harus memberi tahu diri sendiri tentang pengoperasian mereka, kewajiban mereka, risiko, persyaratan penting, apakah itu waralaba murah atau mahal …

Saat ini, pencarian ini mudah dilakukan karena banyaknya informasi yang dapat kami temukan melalui internet, di blog, di majalah khusus, halaman ekonomi, pameran waralaba, dll.

Pelajari pasar

Seperti dalam bisnis apa pun, Anda melakukan, Anda harus tahu pasar di mana Anda berada. Ketahui siapa target audiens Anda dan bagaimana perilakunya, untuk mengetahui bagaimana membujuknya dan mengubahnya menjadi pelanggan. Kenali pemasok Anda dan lihat bagaimana Anda dapat menjalin hubungan yang menguntungkan dengan mereka. Pelajari strategi yang dilakukan pesaing saya untuk melihat bagaimana Anda dapat membedakan diri dari mereka.

Singkatnya, jika saya tahu semua agen eksternal bisnis saya, saya bisa membuatnya lebih kompetitif. Waralaba akan berhasil jika saya memiliki pengetahuan penuh tentang pasar dan pesaing saya.

Tanyakan franchisee lain

Indikator terbaik untuk mengetahui cara kerja waralaba adalah franchisee. Kunjungi mereka (jika mungkin bahkan dari kota yang berbeda) dan kontras dengan aspek yang ingin Anda ketahui: bagaimana hubungan dengan merek, jika mereka telah menerima bantuan pada tahap awal mereka, dukungan yang mereka miliki dari pusat ke kesulitan, pelatihan apa yang mereka terima dan seberapa sering … Juga, Anda dapat membandingkan poin yang sama yang memiliki waralaba terkuat, dan yang memiliki kesamaan dengan poin yang tidak melalui waktu yang baik.

Pergi ke acara

Seperti yang telah kami sebutkan pada poin sebelumnya, di Spanyol beberapa acara dan pameran waralaba khusus diadakan setiap tahun. Di dalamnya, Anda akan memiliki kontak dengan pemilik waralaba, dan Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang formula bisnis ini dan operasinya. Tetap waspada dengan konferensi, pembicaraan, meja bundar dan seminar yang diselenggarakan oleh para ahli dalam sistem kolaborasi bisnis ini, karena ini akan menjadi pelatihan terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Kami berharap artikel ini telah membantu Anda untuk mengetahui cara berinvestasi dalam waralaba pada tahun 2020 secara menguntungkan!