Berinvestasi dalam bisnis yang baik yang akan berkembang dan tumbuh tergantung pada identifikasi ceruk pasar yang baik.

Sektor tata rambut tidak hanya terus berubah-ubah selama bertahun-tahun, sektor ini juga berevolusi dan berkembang, mampu menawarkan model bisnis yang sangat berbeda seperti waralaba.

Permintaan tumbuh dan peluang sangat bervariasi. Berinvestasi di bidang tata rambut adalah pilihan investasi yang baik, tetapi menghadapi persaingan profesional. 

Agar sukses berinvestasi di bidang tata rambut, rencana bisnis yang serius dan realistis diperlukan untuk memperjelas keunggulan kompetitif yang dapat ditawarkan untuk menikmati pertumbuhan berkelanjutan dan progresif.

Mari kita lihat isu-isu yang harus kita pertimbangkan untuk mendirikan salon penata rambut.

Mengapa mendirikan salon penata rambut?

Ini mungkin pertanyaan pertama yang Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Anda bisa mencantumkan beberapa poin yang akan memberi Anda jawabannya: 

  • Hal pertama yang harus dipikirkan adalah jika Anda benar-benar memiliki gairah untuk industri tata rambut. Menyiapkan bisnis membutuhkan dedikasi dan pengetahuan, dan passion sangat penting untuk menemukan kembali diri sendiri dan berkembang dengan bisnis.
  • Apakah itu ceruk pasar dalam permintaan? Ada 967,013 salon rambut di AS. Pada tahun 2020, yaitu sekitar satu salon per 342 orang. Demand ada dan ada tawaran layanan yang besar.
  • Apakah ini membutuhkan investasi yang besar? Sektor tata rambut tidak melibatkan investasi besar dan/atau kualifikasi bila dibandingkan dengan bisnis lain.  Membuka bisnis seperti ini dapat dilakukan dengan mudah.

Oleh karena itu, kami melihat ceruk bisnis yang baik yang, dengan rencana bisnis yang baik, bisa menjadi awal dari investasi yang sangat  menguntungkan.

Rencana bisnis untuk menyiapkan  penata rambut 

Rencana bisnis adalah dokumen yang merangkum tujuan operasional dan keuangan bisnis dan menguraikan rencana dan anggaran untuk memenuhi tujuan.

Seperti memulai bisnis apapun, ini adalah langkah pertama yang penting dan harus mematuhi pedoman yang berkaitan dengan formulir dan konten. Setiap bagian harus menyertakan elemen tertentu dan menjawab pertanyaan yang relevan bahwa orang yang membacanya akan bertanya.

Isu rencana bisnis profesional harus menunjukkan untuk mendirikan salon tata rambut adalah sebagai berikut: 

Studi pasar

Sebuah studi pasar bertujuan untuk memahami alasan mengapa konsumen akan membeli produk Anda. Hal ini juga mengevaluasi situasi geografis yang diinginkan untuk memulai bisnis dan jenis kompetisi.

Ini sangat penting untuk mengidentifikasi lokasi bisnis yang baik karena akan sangat penting untuk mendapatkan pelanggan, serta mengenal persaingan dan keunggulan kompetitif. 

Salon penata rambut yang terletak di dekat pusat perbelanjaan atau tempat umum mengoptimalkan berlalunya target audiens.

Setelah kedua istilah ini telah dianalisis, saatnya untuk mempelajari perilaku konsumen, termasuk bagaimana faktor budaya, sosial dan pribadi mempengaruhi perilaku itu.

Beberapa pertanyaan dasar yang harus dijawab dalam riset pasar adalah:

  • Siapa yang akan pelanggan Anda? Ini penting untuk mendeskripsikan secara jelas profil pelanggan, menggambarkan usia mereka , pekerjaan, pendapatan, gaya hidup dan tingkat pendidikan, dll.
  • Layanan tata rambut apa yang mereka gunakan? Deskripsikan kebiasaan mereka dalam menata rambut, termasuk seberapa seringnya mereka bepergian, fitur yang paling populer dan berapa banyak rata-rata yang mereka menghabiskan.
  • Apa yang akan membuat mereka menggunakan layanan Anda? Ini adalah pertanyaan bagus untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang akan membedakan Anda dari yang lain. Ini bisa berupa apa saja dari model harga yang menarik hingga layanan inovatif atau sistem keanggotaan.

Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan dan mampu menganalisis dan mengomentari, semakin baik perkiraan dan pengambilan keputusan akhir.

Layanan

Dalam bisnis tata rambut, layanan yang diberikan kepada pelanggan merupakan salah satu elemen terpenting untuk sukses.

Layanan apa yang dapat Anda tawarkan? Apakah mereka menanggapi kebutuhan target audiens? Apakah layanan ini berbeda dengan yang ada di kompetisi? Bagaimana Anda bisa memisahkan diri dari kompetisi?

Serangkaian pertanyaan ini dapat membantu Anda mencantumkan layanan tata rambut Anda. 

Selain standar layanan tata rambut s, termasuk yang lain adalah pilihan yang sangat baik: manicure, hair removal, body treatments, sun beds…

Pada titik ini, kami menyoroti layanan pelanggan. Kita berbicara tentang layanan yang personal dan setiap detailnya penting untuk memperkuat loyalitas pelanggan.

Kenali pelanggan Anda dengan baik dan Anda akan tahu bagaimana memperlakukan dan membuat mereka tetap datang.

Estimasi penjualan

Jadi, kami memiliki bisnis tata rambut yang kami sukai, tapi kami ingin menghasilkan uang. Penting untuk mengetahui omset rata-rata jenis bisnis ini. Menurut data saat ini, itu antara €40.000-€100.000 tergantung pada ukuran bisnis.

Dengan perkiraan penjualan, adalah mungkin untuk memperkirakan jumlah rata-rata mingguan pelanggan dan berapa banyak mereka menghabiskan rata-rata. Ini juga mencakup berbagai sumber pendapatan yang akan dimiliki salon:

  • Layanan tata rambut
  • Penjualan produk
  • Jenis layanan kecantikan lainnya

Dengan mengetahui data tentang industri ini, Anda dapat menghitung perkiraan pengeluaran dan pendapatan yang memberi tahu perkiraan penjualan yang dapat kita miliki selama periode tertentu.

Investasi dan pembiayaan 

Dari mana kita mendapatkan uang untuk memulai bisnis? Dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya, mendirikan penata rambut tidak mahal.

Secara umum, rata-rata investasi bisa antara €30.000-€50.000. 

Angka-angka ini dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis dan layanan yang ditawarkan.

Saatnya untuk mencari tahu sumber pendanaan atau investasi apa yang Anda miliki. Banyak pengusaha mengambil rencana bisnis mereka ke bank, sementara lainnya pergi ke investor yang berbeda yang mampu menutupi investasi awal.

Dalam kedua kasus, rencana bisnis yang baik sangat penting untuk membantu Anda membiayai proyek bisnis Anda.

Rencana Pemasaran

Rencana Pemasaran sama pentingnya dengan rencana bisnis, terutama di awal, karena ini akan menjadi kunci pertumbuhan bisnis.

Sebuah rencana pemasaran menggambarkan strategi iklan yang perusahaan akan menerapkan untuk menghasilkan lead dan mencapai target pasar.

Dengan rencana pemasaran, Anda harus mempertimbangkan:

  • Riset pasar untuk mendukung keputusan.
  • Pesan pribadi diarahkan pada wilayah demografi dan geografis tertentu. Dalam hal ini, layanan tata rambut disesuaikan dengan pelanggan dan waktu.
  • Memilih jenis platform untuk mempromosikan  produk dan layanan: digital, radio, Internet atau di majalah, serta kombinasi platform tersebut untuk setiap kampanye. Terutama yang relevan adalah pentingnya pemasaran digital karena munculnya media sosial dan online.
  • Pemantauan metrik yang diperoleh di setiap kampanye pemasaran.

Rencana Cadangan

Banyak hal dapat terjadi selama pembangunan dan pengembangan bisnis. Apakah kita siap untuk itu?

Daftar rencana cadangan adalah serangkaian tindakan yang organisasi akan ambil jika peristiwa tak terduga atau situasi terjadi.

Kadang-kadang kontingensi dapat positif, seperti peningkatan tak terduga dalam pendapatan, tetapi sebagian besar waktu istilah mengacu pada peristiwa negatif, terkait dengan kesehatan keuangan atau kemampuan perusahaan untuk tetap dalam bisnis.

 

Ringkasan eksekutif

Akhirnya, salah satu bagian terpenting dari rencana bisnis yang baik adalah menyusun ringkasan eksekutif yang menarik dan meyakinkan.

Ini adalah ringkasan tentang apa itu bisnis dan apa yang terlibat di dalamnya. Penting untuk menekankan kekuatan dan peluang yang ditawarkannya. Ini bukan masalah menyembunyikan kelemahan yang mungkin terkait dengan bisnis, tetapi menunjukkan tindakan yang relevan untuk menghadapinya.

Semakin kuat dan semakin dipikirkan rencana bisnis Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan dana dan mewujudkan proyek itu.

Bisnis tata rambut tetap kuat dan konsisten dalam pasar yang kompetitif dan menuntut. Dengan rencana bisnis profesional, Anda akan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk memperkuat ide proyek Anda dan membuatnya tumbuh seiring waktu.